Ciri – Ciri Kolesterol Tinggi

February 2, 2019 Off By
Ciri – Ciri Kolesterol Tinggi

Ciri-ciri Orang Kolestrol Tinggi, Jangan Sampai Fatal

 

Tidak sedikit orang mengalami mengalami kolesterol tinggi gegara makanan dan gaya hidup. Kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 miligram (mg) sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.

kolesterol , penyebab , gejala , ciri dan cara mengatasi kolesterol

kolesterol , penyebab , gejala , ciri dan cara mengatasi kolesterol

Orang yang mengalami kolesterol tinggi kadang tidak menunjukkan gejala khusus. Tapi ada ciri-ciri khusus pada orang yang kena kolesterol tinggi, berikut ini:

  • Rasa sakit atau pegal di tengkuk kepala bagian belakang.
  • Pegal ini juga sampai ke pundak
  • Kaki bengkak
  • Mudah capai
  • Gampang mengantuk.
  • Yang paling akurat untuk mengetahui apakah orang menderita kolesterol tinggi atau tidak tentu saja dengan tes laboraorium. Jika kadar kolesterol melebihi 240 mg, itu artinya sudah batas peringatan yang harus diturunkan.
  • Seseorang dikatakan memiliki kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 mg sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.
  • Meskipun kolesterol tinggi itu sendiri tidak secara langsung menyebabkan kelelahan, tapi kondisi-kondisi yang ditimbulkan dapat membuat orang lebih mudah lelah alias capai.
  • Kolesterol tinggi juga memiliki dampak pada tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Risiko terburuknya, gumpalan-gumpalan lemak bisa menyumbat aliran darah sehingga bisa memicu kematian akibat serangan jantung atau stroke.
  • Masalah kolesterol tinggi dialami ratusan juta orang di seluruh dunia. Penyebab utamanya kebanyakan adalah karena makanan. Tapi selain makanan ada penyebab lain yang patut Anda ketahui.

Gejala – gejala Kolesterol 

Ciri ciri kolesterol tinggi dalam tubuh sangat mudah dirasakan karena sangat berdampak langsung pada kinerja tubuh. Kolesterol tinggi menjadi masalah yang paling banyak dialami oleh orang dewasa dan usia lanjut. Hal ini disebabkan ketika konsumsi makanan yang mengandung lemak sering dianggap sebagai pola makan yang benar. Namun ternyata kolesterol bisa menyebabkan masalah karena menumpuk dalam aliran darah dan sistem pembuluh darah. Kolesterol akan menyebabkan kerusakan pembuluh darah, penyempitan arteri,resiko penyakit jantung, stroke dan kanker.

Pengujian kolesterol bisa dilakukan dengan menguji kadar LDL dalam darah. Pengujian bisa dilakukan secara rutin untuk orang yang memang sudah memiliki resiko penyakit tertentu. Namun Anda bisa mengenali berbagai gejala awal yang sering muncul.

Berikut ini beberapa gejala – gejala kolesterol  yang paling sering terjadi diantaranya yaitu : 

  • Nyeri Dada
    Ketika kolesterol sudah tinggi bisa menyebabkan penumpukkan lemak di dalam arteri. Kondisi ini sering membuat alirah darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Nyeri pada dada sering berhubungan dengan kondisi ini. Namun biasanya sering tidak diperhatikan dan dianggap sebagai rasa terlalu lelah. Nyeri bisa memicu aliran darah yang tidak lancar dan bisa menjadi indikasi munculnya gejala penyakit jantung.
  • Sakit Kaki dan Tangan
    Orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi juga bisa mengalami rasa sakit pada bagian tangan dan kaki. Rasa sakit didefinisikan sebagai perasaan tidak nyaman, sakit ketika digunakan untuk mengangkat benda dan sulit untuk digerakkan. Pada orang tua juga sering merasa panas dan kesemutan pada kaki dan tangan sehingga mempengaruhi fungsinya. Hal ini menjadi pertanda bahwa kolesterol sudah menyebabkan aliran darah pada bagian kaki dan tangan menjadi tidak lancar.
  • Sulit Bernafas
    Kolesterol yang tinggi juga bisa menyebabkan pernafasan berjalan tidak nyaman. Kondisi ini terjadi ketika ada banyak kolesterol yang sudah menumpuk pada aliran arteri tubuh. Jantung sudah tidak bisa memompa darah dengan baik akibatnya tubuh mengalami kekurangan oksigen. Orang yang sudah menderita stroke bisa mengalami sesak nafas yang lebih buruk. Gejala ini juga sering terjadi pada orang yang mengalami obesitas.
  • Tubuh Sangat Lelah
    Tubuh yang sangat lelah bisa terjadi pada semua orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi. Masalah utamanya adalah ketika tubuh sebenarnya tidak mendapatkan aliran darah yang cukup dan kadar oksigen yang sangat rendah. Berbagai organ tubuh dipaksa untuk melakukan metabolisme dengan keras sementara jantung dan pembuluh darah juga bermasalah. Bagi penderita diabetes maka kondisi bisa sangat mengkhawatirkan karena kadar gula yang terlalu tinggi dan insulin yang sangat rendah.
  • Otot Kaki Lemah
    Penderita hipertensi yang mengalami kolesterol tinggi juga bisa mengalami otot kaki yang sangat lemah. Meskipun kondisi ini juga bisa terjadi pada semua orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Hal ini terjadi ketika arteri tidak mendapatkan aliran darah yang cukup sehingga otot kaki menjadi sangat lemah. Bahkan kondisinya bisa menyebabkan jatuh pada penderita hipertensi dan stroke.
  • Nyeri Leher dan Punggung  , Nyeri leher dan punggung juga bisa terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Hal ini disebabkan ketika tekanan darah tinggi juga muncul bersamaan. Tekanan darah tinggi sudah menyebabkan penyempitan pembuluh darah karena adanya plak dari kolesterol. Rasa sakit sering disebutkan seperti gejala yang tidak nyaman pada leher, kaku dan sangat sakit. Bahkan bisa menjadi sakit kepala yang berat karena tidak ada cukup aliran darah ke bagian otak.
  • Sakit Kepala
    Sakit kepala paling sering terjadi pada penderita hipertensi. Ini adalah kondisi yang sangat berbahaya karena kemungkinan tekanan darah sangat tinggi. Aliran darah yang terlalu kencang melewati arteri bisa menyebabkan sumbatan plak bocor atau pecah. Jika terjadi di bagian otak maka bisa menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Sakit kepala juga bisa menjadi pertanda stroke yang menjadi indiksi serangan awal yang baru muncul.
  • Kehilangan Keseimbangan
    Ketika penderita kolesterol tinggi merasa tidak nyaman, maka juga akan kehilangan keseimbangan. Otot kaki dan tangan sudah sangat lemah. Sementara arteri dalam tubuh tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Ketika ada sistem syaraf pusat yang mengalami gangguan akibat plak kolesterol pada arteri maka bisa membuat penderita tidak memiliki keseimbangan. Kondisi ini sering dijumpai untuk orang lanjut usia yang mendapatkan serangan stroke saat terjatuh. Penderita tekanan darah tinggi harus waspada dengan gejala ini.
  • Wajah Merah
    Kolesterol yang terlalu tinggi pada penderita hipertensi juga bisa menyebabkan pembuluh darah dibagian wajah membesar. Kondisi ini bisa menyebabkan wajah menjadi sangat merah seperti terbakar. Bahkan ketika tekanan darah sangat tinggi maka bisa menyebabkan wajah menjadi tidak nyaman, panas dan gangguan emosi. Ketika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan serangan darah tinggi yang lebih buruk.
  • Mual dan Muntah
    Kadar kolesterol yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan saluran pencernaan mengalami gangguan. Rasa mual dan muntah paling sering terjadi karena tubuh tidak bisa menerima makanan dengan baik. Gejala akan lebih buruk jika muncul gejala lain seperti sakit kepala dan nafsu makan yang menurun. Level ini sering menyebabkan penderita kehilangan kesadaran atau pingsan (baca Penyebab pingsan mendadak). Untuk menghindari resiko yang lebih buruk maka penderita harus mendapatkan perawatan yang tepat.
  • Emosi Tidak Stabil
    Ciri ciri kolesterol tinggi yang jarang orang ketahui adalah emosi yang tidak stabil. Orang yang mengalami gangguan kolesterol tinggi juga sering mengalami gangguan emosi. Mereka menjadi lebih mudah marah bahkan hanya karena masalah yang kecil. Hal ini disebabkan ketika kolesterol sudah menganggu masalah aliran darah sehingga membuat tubuh tidak nyaman. Gejala lain seperti sakit kepala, tubuh yang sangat lelah dan perasaan khawatir sering membuat penderita tidak bisa mengendalikan emosi.
  • Sering kesemutan
    Kaki sering kesemutan saat duduk bersila atau saat tangan menyangah kepala merupakan salah satu tanda anda menderita kolesterol yang tinggi. Ciri ciri ini disebabkan karena peredaran darah dalam alteri tidak lancar.

 

Penyebab kolesterol tinggi

  • Makanan sehari-hari
    Kolesterol umumnya berasal dari lemak hewani seperti daging kambing, meski tidak sedikit yang berasal dari lemak nabati seperti santan dan minyak kelapa. Beberapa makanan yang selama ini diyakini sehat seperti telur, juga banyak mengandung kolesterol.Makanan yang terlalu banyak lemak jenuh bisa menyebabkan kolesterol tinggi, sehingga disarankan untuk bijak mengonsumsi makanan sehari-hari agar tidak berlebih.

Mulailah menata makanan seperti daging sapi, kambing, susu, telur, mentega dan keju karena mengandung lemak jenuh.

Makanan yang mengandung minyak kelapa, minyak kelapa sawit atau mentega juga memiliki banyak lemak jenuh. Lemak jenuh juga sering didapati pada makanan ringan yang mengandung margarin, yang menggunakan minyak goreng dan kue-kue.

  • Berat badan , Berat badan berlebih tidak hanya mengganggu penampilan tapi lebih banyak efek buruk kesehatannya. Kelebihan berat badan dapat meningkatkan trigliserida dan menurunkan HDL (kolesterol baik).
  • Kurang bergerak
    Tubuh manusia didesain untuk selalu bergerak sehingga sangat dianjurkan untuk banyak bergerak. Coba perhatikan apakah kegiatan Anda lebih banyak duduk atau tidur dan jarang berjalan kaki. Kurang bergerak dapat meningkatkan LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan HDL (kolesterol baik).
  • Umur dan jenis kelamin
    Setelah mencapai usia 20 tahun, kadar kolesterol biasanya cenderung naik. Pada pria, kadar kolesterol umumnya terus menerus meningkat setelah usia 50 tahun. Pada wanita, kadar kolesterol tinggal akan turun saat menopause, setelah itu kolesterolnya cenderung tinggi seperti pada pria.
  • GEJALA 
    Bisa saja Anda sudah berusaha menjauhi makanan berlemak tapi ternyata kolesterol masih tinggi. Memiliki penyakit tertentu seperti diabetes atau hipotiroidisme dapat menyebabkan kolesterol tinggi.
  • Sejarah keluarga
    Jika salah satu anggota keluarga punya masalah kolesterol tinggi maka berhati-hatilah karena risiko Anda memiliki kolesterol tinggi juga bisa terjadi.
  • Merokok
    Merokok dapat menurunkan kolesterol baik Anda sehingga yang beredar di tubuh hanya kolesterol jahat. Kolesterol jahat ini jika jika tidak dikendalikan bisa berakibat fatal.

 

Efek Buruk dari Kolesterol Tinggi

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap vitamin D, produksi cairan empedu, dan produksi hormon. Namun ketika kolesterol dalam tubuh sangat tinggi maka akan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa efek yang ditimbulkan karena kolesterol tinggi.

  • Dampak lainnya yaitu Pengerasan arteri yang disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol yang terlalu banyak. Arteri memiliki tugas untuk mengalirkan darah dari jantung ke semua bagian tubuh. Ketika terjadi pengerasan arteri maka tubuh tidak akan memiliki jumlah darah yang cukup untuk melakukan berbagai tugas.
  • Nah Akibat dari pengerasan arteri maka jantung juga terkena imbasnya. Berbagai jenis penyakit jantung bisa muncul karena kolesterol yang tinggi. Serangan jantung bisa menjadi resiko yang sangat buruk akibat kolesterol yang tinggi.
  • Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan tekanan angin yang sering muncul pada jantung. Tekanan darah yang tinggi akan membuat kondisi menjadi lebih buruk. Hal ini kemudian menyebabkan pencernaan tidak berjalan dengan baik. Karena itu ada resiko masalah pencernaan untuk semua penderita kolesterol tinggi.
  • Stroke bisa menjadi salah satu resiko yang sangat buruk akibat kolesterol yang tinggi. Kondisi ini disebabkan karena plak yang menumpuk pada arteri menyebabkan otak tidak mendapatkan darah yang cukup. Sel-sel dalam otak juga akan mengalami kematian atau kerusakan. Kondisi ini sering ditandai dengan kondisi yang sangat mendadak seperti sulit untuk bicara, nafas yang sulit dan kesulitan menggerakkan anggota badan.
  • Kolesterol yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan gangguan fungsi empedu. Gangguan fungsi empedu bisa membuat gejala seperti mual, lemah, dan sulit untuk menerima makanan. Penumpukan lemak dalam empedu juga bisa menyebabkan pembentukan batu empedu.
  • Kolesterol yang tinggi juga akan meningkatkan resiko gangguan usus. Kondisi ini terjadi ketika usus tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk melakukan tugasnya. Gejala yang paling sering terjadi adalah seperti mual, muntah, tidak dapat makan,

Efek Buruk Kolesterol Tinggi

Kolesterol memang dibutuhkan oleh tubuh untuk menyerap vitamin D, produksi cairan empedu, dan produksi hormon. Namun ketika kolesterol dalam tubuh sangat tinggi maka akan mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa efek yang ditimbulkan karena kolesterol tinggi.

  1. Pengerasan arteri yang disebabkan oleh penumpukan plak kolesterol yang terlalu banyak. Arteri memiliki tugas untuk mengalirkan darah dari jantung ke semua bagian tubuh. Ketika terjadi pengerasan arteri maka tubuh tidak akan memiliki jumlah darah yang cukup untuk melakukan berbagai tugas.
    Sponsors Link
  2. Akibat dari pengerasan arteri maka jantung juga terkena imbasnya. Berbagai jenis penyakit jantung bisa muncul karena kolesterol yang tinggi. Serangan jantung bisa menjadi resiko yang sangat buruk akibat kolesterol yang tinggi.
  3. Kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan tekanan angin yang sering muncul pada jantung. Tekanan darah yang tinggi akan membuat kondisi menjadi lebih buruk. Hal ini kemudian menyebabkan pencernaan tidak berjalan dengan baik. Karena itu ada resiko masalah pencernaan untuk semua penderita kolesterol tinggi.
  4. Stroke bisa menjadi salah satu resiko yang sangat buruk akibat kolesterol yang tinggi. Kondisi ini disebabkan karena plak yang menumpuk pada arteri menyebabkan otak tidak mendapatkan darah yang cukup. Sel-sel dalam otak juga akan mengalami kematian atau kerusakan. Kondisi ini sering ditandai dengan kondisi yang sangat mendadak seperti sulit untuk bicara, nafas yang sulit dan kesulitan menggerakkan anggota badan.
  5. Kolesterol yang sangat tinggi juga bisa menyebabkan gangguan fungsi empedu. Gangguan fungsi empedu bisa membuat gejala seperti mual, lemah, dan sulit untuk menerima makanan. Penumpukan lemak dalam empedu juga bisa menyebabkan pembentukan batu empedu.
  6. Kolesterol yang tinggi juga akan meningkatkan resiko gangguan usus. Kondisi ini terjadi ketika usus tidak mendapatkan pasokan darah yang cukup untuk melakukan tugasnya. Gejala yang paling sering terjadi adalah seperti mual, muntah, tidak dapat makan, pendarahan dalam tinja dan nyeri lambung.
Langkah terbaik untuk menurunkan level kolesterol sesuai dengan kondisi tubuh akan sangat baik dilakukan. Anda bisa mencoba untuk tidak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan selalu memperhatikan pola makan yang baik. Langkah ini perlu dilakukan sebelum level kolesterol benar-benar tinggi.

Makanan Penyebab Kolesterol yang Boleh Dikonsumsi Menurut National Cancer Institute, Berikut adalah beberapa makanan penyebab kolesterol tinggi yang harus tetap dikonsumsi:

  • Telur Telur merupakan salah satu sumber makanan yang paling sering dijumpai dalam masakan Indonesia maupun internasional. Jadi akan sangat disayangkan kalau Anda sampai menghindari konsumsinya sama sekali. Sebuah penghiburan datang dari hasil studi yang dimuat Journal of Nutrition tahun 2008. Riset menunjukkan bahwa dampak telur terhadap LDL ternyata hanya sedikit saja. Mengonsumsi telur yang disinyalir sebagai makanan penyebab kolesterol ini malah dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Oleh sebab itu, mulai saat ini konsumsilah telur tanpa rasa khawatir, namun dalam jumlah sewajarnya. Dan kalau pagi tadi Anda sudah mengonsumsi sebutir telur untuk sarapan, maka jangan makan cheeseburger saat siangnya.
  • Daging-dagingan Supaya kadar kolesterol tetap aman, Anda disarankan mencari tahu apa yang menjadi pakan utama dari ternak tersebut. Sebagai contoh daging sapi misalnya, pilihlah sapi yang menggunakan rumput sebagai pakan utamanya.
  • Untuk daging, unggas, dan ikan, batasi konsumsinya hanya 2 porsi (140 gr) per hari. Dan pilihlah yang bebas lemak dan tanpa kulit, khususnya untuk ayam.
  • Coklat hitam Kandungan flavonoid dalam coklat hitam mampu menyehatkan jantung dan mengurangi kadar kolesterol. Antioksidan ini juga berperan penting untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Jika Anda memiliki faktor risiko untuk penyakit jantung, maka tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 200 miligram kolesterol per hari. Jika Anda tidak memiliki faktor risiko penyakit jantung, maka harus membatasi asupan kolesterol tidak lebih dari 300 miligram per hari.

 

Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Selanjutnya, bila ada makanan penyebab kolesterol tinggi yang tetap disarankan untuk dikonsumsi, maka berarti ada pula yang harus dihindari atau paling tidak diminimalisir karena dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan HDL. Apa sajakah makanan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi tersebut? berikut daftarnya:

  • Minyak goreng hasil hidrogenasi . Saat minyak goreng melalui proses hidrogenasi, maka kadar lemak jenuhnya jadi meningkat, dan kandungan inilah yang seharusnya dihindari. Alasannya, karena lemak jenuh dapat menaikkan kadar LDL dan menurunkan HDL. Minyak lain yang kemungkinan besar juga mengalami proses hidrogenasi antara lain minyak jagung, kanola, kedelai, safflower, dan sayur. Kalau ingin aman, gunakanlah minyak zaitun.
  • Makanan kemasan atau hasil proses . Darimanakah sumber kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda selama ini? Apakah kebanyakan dari makanan sehat seperti buah-buahan, ataukah justru dari makanan hasil proses seperti kraker, gorengan, burger, dan keripik kentang? Kalau yang kedua adalah jawabannya, maka mulai sekarang gantilah snack kurang sehat tersebut dengan makanan lain yang tidak beresiko menaikkan kolesterol.
  • Makanan manis . Tak hanya mendongkrak naik kadar kolesterol jahat (LDL), makanan yang diberi gula tambahan juga dapat memicu obesitas, kenaikan trigliserida, serta menurunkan HDL (kolesterol baik). Contoh makanan manis yang dimaksud di sini adalah cookies, kue, croissant, muffin, kue kering, permen, soda, minuman berenergi, jus instan, dan makanan kemasan lain yang mengandung tambahan gula.
  • Daging hasil proses atau yang berlemak . Meski makanan penyebab kolesterol ini masih boleh dikonsumsi dalam jumlah yang tak berlebihan, namun daging beku atau hasil proses seperti bacon, sosis, hingga salami ternyata dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Jadi Anda tetap disarankan membatasi konsumsinya, sekalipun bila kemasannya menyertakan embel-embel “tanpa lemak” atau sejenisnya. Di samping itu, daging hasil proses biasanya juga tinggi sodium sehingga dapat meningkatkan tekanan darah.
  • Anda juga sebaiknya menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi lainnya seperti jeroan (hati, ginjal, dan lain sebagainya).
  • Alkohol . Terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida, sejenis lemak jahat dalam darah. Sebaliknya, konsumsi alkohol yang sedikit (tak lebih dari 5 gr per hari) justru didapati bisa menurunkan resiko jantung. Riset menunjukkan konsumsi alkohol sebanyak 30 gr/ hari untuk wanita, dan 45 gr untuk pria dapat meningkatkan resiko jantung.
  • Produk susu Lemak dalam susu biasanya memuat lemak jenuh yang seringkali berdampak negatif pada kolesterol. Asam lemak jenuh yang dimaksud misalnya asam laurat dan asam miristat, yang mana keduanya dapat meningkatkan kolesterol jahat, LDL.

Untuk menghindari kolesterol tinggi, sebaiknya konsumsilah produk susu hasil fermentasi seperti yogurt atau yang rendah (bebas) lemak. Lalu bagaimana dengan es krim untuk makanan penutup? Tahukah Anda kalau 1 cup es krim mengandung lemak lebih banyak ketimbang hamburger, dan kolesterolnya juga lebih tinggi ketimbang 10 buah donat? Jadi saat ingin yang segar-segar untuk pencuci mulut, pilihlah buah segar. Makanan tinggi indeks glikemik Makanan yang mengandung karbohidrat hasil refinasi seperti roti tawar putih dan pasta umumnya memiliki indeks glikemik tinggi. Selain menyebabkan tingginya kadar gula dalam darah, mengonsumsi jenis karbohidrat tersebut juga dapat memicu naiknya kadar kolesterol dalam tubuh.

  • Fast food Makanan penyebab kolesterol tinggi lainnya adalah mayonaise dan fast food, seperti burger, kentang goreng, ayam goreng, dan lain sebagainya. Deretan makanan ini tak hanya tinggi lemak, namun juga asam lemak jenuh. Maka dari itu, ketika ingin makan di luar, sebaiknya pilih daging ayam tanpa kulit, salad dengan dressing rendah lemak, dan makanan yang tidak digoreng.

Ya, buah-buahan segar dapat menurunkan kolesterol dengan cara alami, meskipun prosesnya berlangsung lebih lambat dibanding menggunakan obat penurun kolesterol, namun dengan mengonsumsi buah akan didapatkan hasil yang lebih memuaskan karena lebih aman dan tanpa resiko .

Daftar Buah-Buahan Penurun Kolesterol Tinggi dalam Tubuh Yaitu :

  • Jeruk Nipis , Jeruk nipis sangat kaya akan flavonoid yang dikenal sebagai flavones polymethoxylated, antioksidan yang memiliki efek yang kuat untuk menurunkan kolesterol, terkhusus kolesterol jahat LDL. Di samping itu jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang tinggi yang berperan tidak hanya membantu mencegah kerusakan akibat kolesterol LDL tetapi juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, karena dapat menurunkan kolesterol total secara keseluruhan. Studi menunjukkan hasil yang berbeda-beda dan telah menggunakan suplemen vitamin C dalam jumlah antara 100 sampai 1.000 miligram per hari.
  • Jambu Biji/jambu merah , Ini merupakan salah satu buah penurun kolesterol yang baik, karena jambu biji merah atau Guava ini mengandung banyak vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, likopen, dan selenium. Kesemuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapaun yang berperan sangat banyak dalam menurunkan kolesterol adalah Antioksidan flavonoid yang mampu menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida. Hal ini dibuktikan melalui penelitian, bahwa konsumsi jus jambu merah selama 2 bulan dalam dosis terukur dapat menurunkan kolesterol sampai 53% dari total 83% kolesterol LDL.
  • Buah Anggur  , Anggur ini mengandung zat yang berperan aktif menurunkan kolesterol, yaitu senyawa flavonoid, di samping itu senyawa ini juga mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Selain itu, buah anggur juga mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol LDL sekaligus menaikkan kolesterol baik, HDL.
  • Buah Delima  , Tidak hanya dapat menurunkan kolesterol, buah delima juga mengandung zat yang dapat menghilangkan plak dalam aliran darah sebagai akibat tingginya kolesterol darah fungsi ini diperoleh dari kandungan oksida nitrat yang terdapat dalam buah delima. Kabarnya lagi, kandungan antioksidan dalam buah delima ternyata tiga kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan anggur merah.
  • Mangga Buah , mangga juga merupakan salah satu sumber Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi penyebab utama terjadinya plak (penimbunan) kolesterol pembuluh darah. Di sisi lain, buah mangga juga merupakan salah satu sumber makanan kaya serat yang dapat mengurangi masuknya kolesterol ke dalam aliran darah pada tahap pencernaan.
  • Buah Berry , Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berry terkenal kaya akan pterostilbene yang memiliki khasiat sebagai antioksidan. Selain dapat menurunkan kolesterol jahat, zat ini juga dapat mencegah penumpukan plak dalam arteri yang jika biarkan bisa menyebabkan serangan jantung koroner dan stroke.
  • Alpukat , Ada anggapan bahwa Alpukat adalah buah yang kaya akan lemak sehingga banyak yang menghindari karena takut gemuk atau menderita kolesterol tinggi. Benarkah demikian? Alpukat memang mengandung banyak lemak, bahkan sampai 16 persen. Namun lemak dalam alpukat adalah lemak tak jenuh tunggal, yang justru menyehatkan, karena lemak ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat juga mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang juga menyehatkan, karena dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Nikamtilah alpukat dengan cara yang sehat, contohnya sebagai jus, namun jangan memberinya terlalu banyak gula.
  • Buah Zaitun , Buah zaitun kaya akan kandungan zat anti oksidan (hydroxytyrosol) yang memiliki manfaat dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun dan tidak mengurangi kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Buah ini juga akan berefek baik terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang nantinya dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, kita bisa mengonsumsi setidaknya campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad.
  • Jeruk Lemon , Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, yakni dalam 1 cangkir jus lemon segar memiliki 94 miligram; 1 cangkir segmen lemon mentah mengandung 112 miligram vitamin C. Vitamin C dalam lemon akan mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Dalam buag lemon juga terkandung antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.
  • Tomat Tomat terkenal memiliki banyak kandungan likopen yang juga memiliki peran menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Kita bisa menikmati tomat serta memperoleh kabaikannya dengan cara dimakan segar, dibuat juice, atau dimakan dalam bentuk sup. Dan tahukah Anda, bahwa tomat juga bisa menjadi makanan sehat untuk penderita maag kronis karena sifatnya yang dapat menenangkan lambung.
  • Semangka , Siapa yang tak kenal buah segar yang satu ini, selain dapat menghilangkan dahaga dengan cepat, ternyata semangka juga termasuk dalam daftar buah penurun kolesterol. Hal ini dikteahui karena dalam buah semangka terkandung likopen seperti halnya pada tomat yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.
  • Apel , Buah yang satu ini memang terkenal menyehatkan, dan sekarang kita tahu bahwa apel merupakan salah satu buah penurun kolesterol karena kandungan zat beta-glucan yang berperanan dalam mengontrol produksi kolesterol. Apel juga sebagai sumber serat larut yang dapat menurunkan kolesterol dan mencegah arteri mengeras serta melindungi tubuh terhadap serangan jantung dan stroke. Kita bisa menikmati buah ini sambil mendapatkan manfaatnya dengan cara di makan langsung atau berupa jus. Apel juga bisa dibuat cuka. Mengonsumsi cuka apel secara rutin dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Di samping itu, buah apel merupakan buah ampuh untuk penderita diabetes dan cuka apel diketahui dapat meningkatkan sensitivitas insulin penderita diabetes tipe-2.
  • Buah Pir , Buah ini merupakan sumber serat larut air yang sangat baik (serat larut dan membentuk substansi) – seperti gel termasuk pektin. Dan meskipun apel biasanya memilik kandungan pektin yang tinggi, pir sebenarnya memiliki pektin lebih tinggi. Karena itu, pir menjadi salah satu buah penurun kolesterol. Pektin dalam pir juga membantu pemebersihan usus dan melancarkan buang air besar.
  • Pisang , Pisang merupakan sumber yang baik dari serat makanan, yang dapat membantu mengurangi low-density lipoprotein – LDL atau kolesterol “jahat”. Selain itu, kalium dalam pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan pada gilirannya, dapat menurunkan kolesterol jahat dan menyehatkan jantung.

Buah memang efektif menurunkan kolesterol, namun Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi Makanan Penurun Kolesterol dan juga menerapkan 3 Cara Mudah Menurunkan Kolesterol Secara Alami. Jika kita perhatikan, hampir semua buah-buahan dapat menurunkan kolesterol tinggi, karena memang pada prinsipnya makanan berserat, bervitamin, dan kaya antioksidan sangat diperlukan oleh penderita kolesterol tinggi.
Berikut ini beberapa daftar makanan dari sayur-sayuran yang bisa menurunkan kolesterol jahat:

  • Sayuran berdaun hijau , Sayuran berdaun hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Makanan sumber fitokemikal ini juga dapat membantu tubuh menangkal kerusakan akibat radikal bebas, menunda penuaan, dan menjaga pembuluh darah tetap lentur serta sehat. contoh sayuran hijau penurun kolesterol Kebanyakan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale juga rendah kalori sehingga ramah bagi berat badan konsumennya. Dan meski hampir semua sayuran boleh dikonsumsi penderita kolesterol tinggi, namun beberapa di antaranya seperti bit, kubis, dan brokoli, dapat memberikan dampak perlindungan yang lebih maksimal. Apalagi kubis merah dan kale yang sangat kaya akan antioksidan.
  • Bayam ,  Bayam kaya kandungan lutein, pigmen kuning yang terdapat dalam kuning telur dan sayuran berdaun hijau lainnya. Lutein sendiri memiliki reputasi emas di bidang kesehatan karena dapat mencegah degenerasi makula yang memicu kebutaan. Dan kini para ahli menyarankan konsumsi makanan sumber lutein setiap hari untuk mencegah serangan jantung. Lutein dapat membantu dinding pembuluh darah menyingkirkan kolesterol yang memicu penyumbatan.
  • Buncis , Rutin makan buncis setiap hari dapat menurunkan kadar LDL dan juga trigliserida dalam tubuh. Buncis merupakan salah satu sayuran penurun kolesterol yang baik karena mengandung lemak tak jenuh ganda yang juga ramah bagi penderita diabetes.
  • Biji-bijian , Biji-bijian sangat kaya akan kandungan serat larutnya. Jadi butuh waktu lebih banyak bagi tubuh untuk mencernanya, dan itu berarti Anda akan merasa kenyang lebih lama. Inilah salah satu alasan mengapa biji-bijian kerap diandalkan mereka yang ingin menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dimuat dalam Canadian Medical Association Journal mendapati, konsumsi 1 porsi biji-bijian seperti kacang polong, kacang merah, kacang hitam, chickpea, atau lentil, dapat menurunkan kolesterol hingga 5%. Studi lain dari Arizona State University Polytechnic mendapati, menambahkan 90 gr biji-bijian ke dalam sup dapat menurunkan LDL hingga 8%.
  • Terung dan okra , Baik terung maupun okra sama-sama rendah kalori dan juga memuat serat yang mudah larut dalam tubuh. Oleh sebab itu, jangan segan rutin mengonsumsi kedua sayuran penurun kolesterol ini. Simak juga: manfaat terong belanda.
  • Kacang-kacangan , Kacang-kacangan merupakan gudangnya lemak (baik jenuh maupun tak jenuh) dan serat. Meski demikian, beberapa kacang seperti almond juga mengandung antioksidan flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah. Tak sedikit studi yang menyebutkan bahwa kacang-kacangan ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat karena dapat mencegah penyempitan pembuluh darah. Sebuah studi yang dipublikasikan American Journal of Clinical Nutrition misalnya, mendapati partisipan yang makan walnut setiap hari selama 1 bulan dijumpai turun kadar kolesterol jahatnya hingga 9,3%.
  • Kacang Kedelai , Kedelai dan berbagai produk olahannya (tahu, susu kedelai, dll) terkenal sebagai makanan penurun kolesterol. Terlebih lagi, kedelai bisa digunakan sebagai makanan pengganti daging dan keju. Berbagai analisa menyebutkan makan 25 gr protein kedelai (10 gr tahu atau 2 ½ cangkir susu kedelai) setiap hari dapat menurunkan LDL hingga 6%.
  • Biji rami dan chia , Selain kaya asam omega-3 yang disebut ALA (alpha-linolenic acid), biji rami dan chia juga tinggi muatan seratnya, baik jenis larut maupun tak larut. Serat larut dari 2 makanan ini dipercaya dapat membantu mengikat lemak dan kolesterol sehingga tak sampai diserap oleh tubuh.
  • Tomat  , Tomat mengandung likopen, jenis pigmen karotenoid yang biasanya memberikan warna merah pada buah atau sayur. Menurut beberapa studi, likopen dapat menurunkan kolesterol sebanyak 10-17% sehingga baik untuk kesehatan jantung dan kolesterol. Tomat juga masuk dalam daftar 14 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Alami
  • Bawang putih , Selama berabad-abad lamanya, masyarakat Mesir kuno selalu mengonsumsi bawang putih untuk menambah stamina. Dan di masa modern seperti sekarang, manfaat bawang putih tak hanya terbatas pada melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi saja, namun juga dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, sekaligus mencegah penyumbatan darah. Sebuah riset bahkan mendapati bawang dapat menghentikan timbunan plak pada pembuluh darah sejak dini. Ketika masuk dalam tubuh, bawang akan mencegah partikel kolesterol menempel pada dinding pembuluh darah.

Nah buat Anda yang menderita kolesterol tinggi saatnya Anda memperhatikan pola makan , pola hidup Anda dan beralihnya menjadi seorang vegetarian dan satu lagi rajin berolahraga . Pastikan Anda dan keluarga sehat dan jauh dari segala penyakit.